Monday, March 26, 2012

When Background isn't the Same with Passion


Passion
Kamu lulusan IT, tapi mencintai sastra? Atau, kamu lulusan ekonomi, tapi mencintai jurnalistik? Atau juga, kamu lulusan kedokteran, tpi mencintai politik?

Yups, beberapa orang dari mahasiswa-mahasiswa yang masih ataupun sudah lulus kuliah, terkadang memiliki problematika seperti itu. Terkadang mereka salah memilih jurusan karena apa? Karena mereka kebingungan ketika memilih, atau belum memiliki passion di bidang tertentu. Atau ada juga karena pilihan orang tuanya. Dan ada juga yang ikut-ikutan teman. Atau ada pula hanya sekedar prestise karena jurusan itu dianggap keren. 
Jujur, saya pun merasa berada di salah dunia. Saya kuliah dan lulus di bidang IT. Tapi sebenarnya passion saya adalah di dunia sastra. Anehnya, waktu memilih jurusan untuk kuliah dulu, saya nggak mau masuk jurusan sastra. Entah kenapa. Mungkin karena waktu itu, saya hanya ingin mengikuti jejak ayah saya yang di bidang IT juga.
Dan saat kuliah berlangsung, saya langsung merasa berada di dunia yang salah. Hahaha. Tapi segala sesuatu yang terjadi tetap harus ambil positifnya. Kalau saya tetap bergelut di dunia sastra saja, ilmu saya hanya akan di situ saja. Nah, dengan kuliah di bidang IT, membuat ilmu saya bertambah sedikit mengenai IT itu sendiri :)
Dan saya pun tidak pernah menyesal karena pernah tersesat di dunia IT :)
Nah setelah lulus, jujur, saya pengen banget kerja di dunia sastra, yaitu menjadi editor dan novelis. Itulah mimpi saya yang wajib dan mutlak untuk saya wujudkan. Kenapa? Karena di situlah passion saya. Walaupun sekarang saya masih bekerja di bidang IT sesuai background dan bukan passion saya, seenggaknya saya melakukan itu karena ingin membagi ilmu yang pernah didapat sewaktu kuliah dulu.
Hmm.. sebenarnya memang sudah banyak orang yang bekerja tidak sesuai dengan bidang kuliahnya dulu. Dan terkadang, setelah mereka bekerja itu, mereka baru menemukan passion-nya.
Contohnya adalah news anchor TVOne, Alvito Deannova. Saya mengetahui hal ini ketika menonton Just Alvin episode News Men (The Anchor 2), dengan beberapa news anchor sebagai bintang tamunya, yaitu Tommy Tjokro, Alvito Deannova, Yan Wartawijaya, dan Jeremy Teti.
Nah dari talkshow itu saya tau bahwa Alvito memiliki background ekonomi, bukan jurnalistik seperti yang digelutinya sekarang. Namun, kini jurnalistik justru menjadi passion-nya. Wow, that's absolutely cool :)
Itu salah satu contoh saja. Dan kita pun tahu bahwa banyak penulis Indonesia yang sebenarnya memiliki background bukan sastra, seperti Aditya Mulya yang memiliki background Teknik Sipil. Icha Rahmanti yang memiliki background arsitektur.
Dan hal tersebut membuat saya bertambah semangat untuk mewujudkan impian saya, terutama menjadi penulis.
Whatever your background, you have to make your passion happens...


So, what is your passion? :)




No comments:

Post a Comment