Wednesday, February 29, 2012

Leap Year


Leap Year...


Yup, tahun 2012 adalah tahun kabisat alias leap year... Tahun ketika Februari memiliki jumlah tanggal sampai 29. Iyah, Februari cuma mentok sampe 29 aja. Nggak nyampe ke 30 lebih-lebih ke 31. Hehehe.
Sebenarnya buat saya nggak ada spesialnya sih mau tahun kabisat atau bukan. Cuma untuk beberapa orang mungkin tahun kabisat adalah tahun spesial, terutama untuk orang yang lahir di tanggal 29 Februari... Maybe they will shout, "Akhirnya saya ulang tahun juga...!!!" Hahaha. Jujur, sebenarnya saya belum ngeh kalo lagi tahun bukan kabisat, ulang tahun mereka dirayainnya pas di tanggal berapa? Di tanggal 28 Februari, nggak mungkin, karena mereka belum lahir. Kalo di tanggal 1 Maret, udah kelawat tapinya... Mungkin lebih masuk akal sih tetap dirayainnya tanggal 1 Maret, bener nggak sih? CMIIW :)


Hmm... by the way, ada yang udah nonton film Leap Year?

Leap Year Movie
Film yang dibintangi oleh si cantik Amy Adams dan si super ganteng Matthew Goode.
Film komedi romantis ini menceritakan mengenai sepasang kekasih yang sempurna, yaitu Anna (Amy Adams) dan Jeremy (Adam Scott) yang berencana ingin menikah. Anna pun berencana melakukan perjalanan ke Dublin, Irlandia, untuk melakukan tradisi di sana, yaitu melamar kekasihnya di tanggal 29 Februari untuk menikah, dan sesuai tradisi pun, sang lelaki pun harus menerima lamaran itu. Namun, perjalanan Anna ke Dublin tidak semudah itu. Banyak rintangan yang terjadi, sampai ia bertemu dengan seorang pria bernama Declan. Dan Declan pun akhirnya yang membantu Anna untuk sampai ke Dublin.
Bagaimana endingnya? Apakah Anna berhasil melamar Jeremy di Dublin? Atau ia malah akan jatuh cinta dengan Declan? Penasaran? Nonton sendiri yah...  Hohoho :p

Kalau kata saya sih, ceritanya ada mirip-mirip sama Chasing Liberty... Yang mainnya sama sih, sama-sama si ganteng Matthew Goode :D

Nah, dari film itu, saya baru tau ada suatu tradisi di Irlandia bahwa, in leap year and leap day alias tanggal 29 Februari, perempuan di sana diizinkan untuk melamar kekasihnya.

Di beberapa tempat Leap Year dikenal juga sebagai Bachelor' Day untuk beberapa alasan. Kenapa? Untuk laki-laki yang menolak lamaran kekasihnya, mereka harus membayar dengan gaun atau uang. Bahkan, di beberapa negara Eropa, terutama yang berada di kalangan kelas atas, mereka harus memberikan perempuan 12 pasang sarung tangan. Lho, kenapa? Tujuannya adalah wanita bisa memakai sarung tangan untuk menyembunyikan rasa malu karena tidak memiliki sebuah cincin pertunangan. Selama abad pertengahan ada hukum yang mengatur tradisi ini.

Leap Year Tradition

Nah, beda lagi di Yunani, bahwa kalau ada pasangan yang menikah di tahun kabisat, apalagi kalau pas tanggal 29 Februari, mereka bakal sial. Wuaaaaah... ada-ada aja yah.

Di Skotlandia lain lagi, bahwa seseorang akan mengalami kesialan jika lahir di tanggal 29 Februari, mirip seperti Friday 13th.

Tapi yah... itu semua hanyalah tradisi dan kepercayaan di negara tersebut :D



2 comments: