Wednesday, November 2, 2011

Menikmati "Ujian"

Setiap manusia pasti pernah diuji oleh-Nya. Baik diuji berupa hal-hal yang menyenangkan ataupun masalah-masalah yang menyedihkan. Setiap ujian yang dialami manusia berbeda-beda, tergantung pada level individu masing-masing. Semakin tinggi level mereka, maka semakin berat pula ujian yang dihadapi.
Well, ada perkataan yang saya kutip dari Om Pepeng sewaktu saya menonton acara U2 (Uje & Udin) di Trans 7. Kira-kira seperti ini, "Waktu kita kelas 1 SD, kita ujian dengan soal kelas 1 SD pula. Bukan soal kelas 6 SD kan. Guru pun bisa searif dan sebijaksana itu. Maka Allah yang Maha Arif dan Maha Bijaksana pun akan memberikan ujian sesuai dengan level hamba-Nya." Ya, Allah tidak akan memberikan ujian yang lebih berat dari yang sanggup kita tanggung. Mungkin dari diri kita pernah bertanya-tanya, mengapa Allah memberikan ujian seperti ini kepada kita, mengapa tidak orang lain saja yang mengalaminya? Karena Allah yakin dan percaya bahwa kita sanggup menyelesaikannya, yang orang lain belum tentu sanggup. Yakinlah bahwa setiap ujian itu dapat terselesaikan. Manusia saja membuat gembok pasti bersama kuncinya. Begitu juga Allah yang pasti memberikan ujian beserta penyelesaiannya. Yang penting kita tetap berada pada iman dan takwa-Nya, tetap berdoa, dan tetap berusaha untuk menyelesaikannya. Pandanglah semua ujian yang diberikan oleh Allah dengan perspektif yang indah. Maka akan mudah kita menikmati semua ujian itu.
Ada satu kutipan lagi dari Ustadz Jeffry yaitu, "Ujian terbesar laki-laki adalah ketika mereka sedang berada di puncak kejayaan. Sedangkan ujian terdahsyat wanita adalah ketika suami mereka sedang terpuruk."

Yup, di sini saya hanya ingin berbagi saja dengan teman-teman yang sedang diuji. Bukan bermaksud sok tahu atau apapun. Karena saya pun sedang diuji dengan permasalahan yang datang dengan beruntun.
Let's keep strong, guys... Allah always beside us :)

2 comments: