Wednesday, December 22, 2010

Be A Network Administrator

Well, akhirnya aku menemukan satu karir yang cukup "aku banget". Oke, aku memang belum "dewa" dalam hal itu, tapi cukup menguasailah, tidak se-madesu Java Programming, atau bahasa pemrograman lainnya. Dan pilihanku jatuh sebagai Network Administrator.
Kenapa aku pilih sebagai Net Admin? Ada beberapa alasan kenapa aku memilih karir ini. Karir yang akan aku pilih selain menjadi pengusaha dan dosen.
1. Aku kuliah di jurusan Teknik Komputer, di mana intinya adalah belajar jaringan alias networking
2. Aku asisten Jaringan Komputer (ceileh, gayanya ^_^) pintu gerbang menuju Network Administrator (The next target, asisten Network Administrator, amin)
3. Aku cinta dengan mata kuliah ini. Soalnya nggak perlu coding yang semrawut kayak Java dan kawan-kawan. Sering kali aku bilang gini, "Mending setting 20 router deh ketimbang coding -__-"
4. Aku tahu diri, aku sadar kalo otak aku rada-rada lambat dalam membentuk logika pemrograman, so, sorry bubbye aja yah. *Programmer coret dari list

Well, sebenarnya pekerjaan apa sih Network Administrator itu?
Hmm, kalo aku ngartiin dari wikipedia, Network Administrator adalah sesorang yang bertanggung jawab untuk maintenance dari hardware dan software komputer yang berhubungan dengan jaringan komputer. Biasanya berupa penyebaran, konfigurasi, maintaining, dan monitoring perangkat-perangkat jaringan yang aktif. Selain itu, Network Administrator juga berkonsentrasi dalam pembuatan desain dan keamanan jaringan.

Nah, itu sekilas tentang seorang Network Administrator. Oh, I hope I can be :)
Amin

5 comments:

  1. ass..
    mau nanya dund ka, mangna jurusan teknik kmptr blajar pemrograman ka? kalo mw jd network admin kuliahna jurusan teknik kmptr ka? bkn na teknik informatika? kn ad matkul jarkom n ad bidang peminatan network admin?

    soalna skrng sy skul smk jurusan TKJ n masih bngung mlh jurusan kuliah bwt jd network admin ky kk?
    mhn jawbnna ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam.
      Teknik Komputer atau Teknik Informatika, dua2nya belajar pemrograman sama networking juga. Cuma, kalo Tek. Komputer lebih difokuskan ke networking, kalo Tek. Informatika lebih ke pemrogramming. Jadi kalo mau jadi network admin, lebih baik milih Teknik Komputer :)

      Delete
  2. memang kalo pemrogramming di teknik informatikanya seperti apa program yg di pelajrinnya sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo setau aku sih, belajar pemrograman itu membentuk logika dengan menggunakan bhs pemrograman untuk membuat suatu aplikasi desktop-based ataupun web-based.
      untuk bhs pemrogramannya macem2, kayak JAVA, C++, PHP, dll

      Delete
  3. Weh terkadang network administrator btuh logika juga ...

    ReplyDelete